Tata Cara Mandi Wajib (Junub) Yang Benar

Cara Mandi Besar/Junub - Berikut ini postingan admin akan membagikan tata cara mandi wajib, secara garis besarnya, mandi wajib (dalam agama islam) berartikan :  untuk menghilangkan hadats besar, yaitu dengan cara membasuh seluruh tubuh mulai dari atas kepala hingga ujung kaki.
Berdasarkan Syari’at Islamiyah, mandi junub atau yang dinakaman mandi wajib adalah dengan mengalirkan air ke seluruh bagian tubuh. Mandi junub ini adalah termasuk dari perkara syarat sahnya shalat kita
Beberapa keadaan yang diwajibkan untuk mandi junub :
tata cara mandi wajib junub besar

1. Keluarnya mani
Apakah karena syahwat atau karena sebab yang lainnya (mimpi basah). Hal ini sebagaimana dinyatakan oleh Nabi Muhammad sallallahu alaihi wa aalihi wasallam dalam sabda beliau sebagai berikut :

(tulis haditsnya di Syarah Shahih Muslim An Nawawi juz 4 hal. 30 hadits ke 81)
Dari Abi Sa’id Al Khudri dari Nabi sallallahu alaihi wasallam, bahwa beliau bersabda :
"Hanyalah air itu (yakni mandi) adalah karena air pula (yakni karena keluar air mani".
(HR. Muslim dalam Shahihnya.)

Dalam menerangkan hadits ini Al Imam Abu Zakaria Muhyiddin bin Syaraf An Nawawi menyatakan : "Dan Ma’nanya ialah : Tidak wajib mandi dengan air, kecuali bila telah keluarnya air yang kental, yaitu mani".

2. Berhubungan Badan (Seksualitas Suami-Istri)
Baik keluar mani atau tidak keluar mani. Hal ini sebagaimana yang dinyatakan Nabi Muhammad sallallahu alaihi wasallam dalam sabdanya sebagai berikut :

(tulis haditsnya di Fathul Bari Ibni Hajar jilid 1 hal. 395 hadits ke 291)
Dari Abi Hurairah radhiyallahu anhu, dari Nabi sallallahu alaihi waalihi wasallam, bahwa beliau bersabda :
“Apabila seorang pria telah duduk diantara empat bagian tubuh permpuan (yakni berhubungan seks) kemudian dia bersungguh-sungguh padanya (yakni memasukkan kemaluannya pada kemaluan perempuan itu), maka sungguh dia telah wajib mandi karenanya".
(HR. Bukhari dalam Shahihnya.)

3. Berhentinya Haid dan Nifas
4. Mati dalam Keadaan Muslim

Semoga informasi mengenai cara mandi wajib diatas berguna.

Penelusuran diambil:
tata cara mandi wajib bagi wanita, tata cara mandi wajib bagi laki-laki, cara mandi wajib setelah haid, cara mandi wajib untuk laki-laki, cara mandi wajib menurut islam, tata cara mandi wajib yang benar, cara mandi wajib junub, cara mandi wajib wanita yang benar

Related Posts

Tata Cara Mandi Wajib (Junub) Yang Benar
4/ 5
Oleh